Hadapi Honda Mobilio, Toyota siapkan generasi III Avanza


Tak gentar dengan nama Honda Mobilio yang naik daun, Toyota tetap mengandalkan Avanza untuk menguasai pasar mobil kelas low MPV. Bahkan kini sedang dipersiapkan pembuatan generasi ke-3 Avanza. Seperti diketahui informasi harga, spek lengkap dan gambar eksterior dan interior Honda Mobilio saat ini sedang menjadi trend pencarian di Google dan hal ini merupakan petunjuk bahwa mobil itu sedang diminati masyarakat.

Toyota New Avanza

Dalam kaitan ini PT Toyota Astra Motor tetap mengandalkan Toyota Avanza sebagai pesaing langsung Honda Mobilio. PT Toyota masih yakin di kelas low MPV, Avanza bisa diandalkan untuk merebut hati konsumen otomotif tanah air yang cenderung suka dengan mobil keluarga.

Rouli Sijabat, juru bicara Toyota, mengatakan Toyota telah siap dengan berbagai jenis mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Bahkan, dengan banderol harga yang yang setara dengan Mobilio, Toyota mengaku lebih mampu memberikan konsumen berbagai pilihan mobil. Misalnya, pada genre hatcback, ada pilihan Yaris, Etios, dan Agia. Sehingga, Toyota tidak khawatir bila harus beradu pasar dengan Mobilio yang kini unitnya sudah mulai diserahterimakan kepada pembelinya.

“Setiap merk mempunyai strategi masing-masing. Saat ini customer menentukan pilihan bukan berdasarkan harga lagi tetapi variasi pilihan,” kata Rouli, seperti dikutip dari laman Tempo.

Sekalipun saat ini Mobilio menggelar promo pembelian yang digabung dengan paket perawatan, hal itu dianggap hanya strategi pemasaran. Rouli mengatakan bahwa Toyota sendiri juga memiliki layanan after sales. Oulet resminya terbanyak di tanah air. Ini justru hal yang akan mempermudah konsumen. Total outlet mencapai 263 dealer secara nasional.

Sementara untuk menghadapi Mobilio, Avanza dianggap sudah mumpuni. Pasalnya, Avanza menawarkan kenyamanan dengan penggerak roda belakang dan ground clearance tinggi. Kabinnya pun dapat dinaiki sampai tujuh orang.

“Kami selalu mendengar feedback dari pasar. Saat ini Avanza telah mengeluarkan generasi kedua di tahun 2012 dengan mempertahankan karakter, ground clearance tinggi dan kapasitas luas karena orang Indonesia senang membawa barang banyak,” kata Rouli.

Generasi ke-III Avanza

Toyota kini merasa harus bergerak lebih cepat. Maka, generasi ke-III Avanza pun sudah disiapkan. Indikasi tersebut terkuak dari rencana PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membagun pabrik mesin baru mulai tahun ini.

I Made Dana Tangkas, Direktur Perencanaan Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan, mesin baru ini berkode R-NR, berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc belum pernah digunakan oleh model apapun. “Kami akan berbagi produksi dengan Daihatsu untuk perakitan mesin ini,” jelas Made menjawab KompasOtomotif, kemarin (27/1/2014).

Informasi tesebut merupakan indikasi persiapan mesin baru untuk Avanza  yang juga baru. Sampai saat ini, Avanza masih diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Karena itu produksi mesin dibagi dua antara Toyota dan Daihatsu. Mesin 1,3 dan 1,5 liter yang akan diproduksi digunakan oleh Avanza.

“Dari mesin sudah tau arahnya ke mana,” celoteh Made, tanpa mengatakan dengan jelas kalau Avanza generasi ke-III sedang disiapkan.

 

 

Toyota New Avanza



Pabrik mesin baru Toyota akan rampung paling cepat pada akhir 2015 atau awal 2016. Jadi jangan kaget kalau generasi ke-III Avanzadikenalkan pada waktu yang sama. Untuk tahun ini, konsumen Indonesia harus puas dengan  Avanza yang disegarkan lagi penampilan pada April 2014.