Perawatan mesin mobil sehari-hari biar awet

 

•  Apa yang dimaksud perawatan berkala pada kendaraan ?

perawatan berkala pada kendaraan yang dimaksud adalah perawatan yang dilakukan pada kendaraan yang meliputi service besar maupun service kecil.

•  Apa yang dimaksud dengan service besar / kecil ? dan kapan dilakukan service besar / kecil ?

Yang dimaksud dengan service besar adalah perawatan berkala pada kendaran yang dilakukan pada saat kendaraan telah mencapai 20.000 Km atau kelipatannya dan pengerjaannya meliputi TUNE UP, SERVICE REM, GANTI OLI MESIN, GANTI OLI TRANSMISI, GANTI OIL FILTER, PENGECEKAN ELEKTRIK DAN SUSPENSI KENDARAAN.

Dan yang dimaksud dengan service kecil adalah perawatan berkala pada kendaraan yang dilakukan pada saat kendaraan telah mencapai 5.000 Km atau kelipatannya dan pengerjaannya meliputi TUNE UP, GANTI OLI MESIN, CEK ELEKTRIKAL, DAN CEK REM.

•  Untuk perawatan sehari – hari hal hal apa saja kah yang pelu diperhatikan agar mobil tetap prima? Yang di cek apa saja?

Untuk pengecekan setiap hari disarankan untuk mengecek kendaraan pada pagi hari sebelum kendaraan di hidupkan dan dilakukan pengecekan berupa cek volume oli mesin, cek volume oli power steering, cek volume air accu, cek volume minyak rem dan minyak koupling, cek volume air radiator, cek volume air washer.

•  Bagaimana memilih oli, yang cocok untuk kendaraan? Apa bila bawaan dari baru apa bisa ganti merk lain?

Tentu saja boleh diganti dengan oli yang ada di pasaran yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi oli tersebut sesuai dengan kendaraan anda.

•  Kapan mobil harus ganti oli? apakah selain ganti oli harus ganti filter oli juga?

Untuk penggantian oli mesin kendaraan bisa disesuaikan dengan rekomendasi dari oli yang digunakan. Untuk penggantian oli filter dilakukan setiap 3x ganti oli.

•  Apa sebenarnya maksud dari tune up? Apa saja yang dikerjalkan?

Yang dimaksud dengan Tune Up adalah mengembalikan kondisi mesin yang telah menurun karena pemakaian untuk dikembalikan pada kondisi semula. Adapaun pengejaannya meliputi penyetelan busi, pengecekan filter bensin dan udara, enyetelan celah katup, penyetelan sistem pengapian, dan penyetalan karburator.

•  Hal hal apa yang menyebabkan mobil jadi boros? Bagaimana mengembalikan keiritan mobil lagi?

Faktor utama yang menyebabkan mobil menjadi boros adalah kondisi mesin yang telah menurun. Untuk mengembalikan mobil ke kondisi semula disarankan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh pada mobil tersebut.

•  Kapan waktunya ganti timming belt ? dan apa efeknya kalau timming belt putus?

Waktu penggantian timing belt telah ditetapkan oleh atpm pembuat mobil tersebut, pada umumnya berkisar antara 60.000 Km s/d 100.000 Km.

•  Ada mobil yang tidak pakai timming belt, maksudnya bagai mana?

Timing belt itu sebenarnya komponen penghubung gerakan pada crank shaft ke cam shaft dan bentuknya dari material karet yang berbentuk sabuk, ada beberapa jenis mesin yang tidak lagi menggunakan belt ini digantikan dengan rantai atau bisa juga dengan roda gigi untuk mendapatkan kekuatan lebih

•  Bagaimana mobil asapnya bisa menjadi ngebul? Apa ada cara untuk menghilangkannya?

Untuk mesin kendaraan yang ngebul terutama mesin bensin, itu pertanda mesin tersebut perlu segera dilakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab ngebul tersebut. Contoh kasus mesin yang telah ngebul asap putih itu pertanda ada oli yang terbakar pada ruang bakar mesin tersebut penyebab umumnya ada dua yaitu ring piston yang sudah aus atau sil klep yang sudah aus keduanya perlu turun setengah mesin atau turun mesin.

•  Ada istilah turun mesin dan turun setengah mesin , apa maksudnya, bisa tolong dijelaskan?

Turun mesin adalah membongkar seluruh mesin dari atas sampai bawah dan untuk turun setengah mesin hanya membongkar mesin bagian atasnya saja.

•  Bagaimana dangan kaki-kaki mobil, bagian apa saja yang pelu diganti secara berkala? Bagai mana perawatannya?

Untuk suspensi kendaraan yang harus diservice berkala adalah penyetelan berupa spooring dan balancing.

•  Bagaimana dengan sistem kelistrikan mobil, mengapa untuk mobil yang sudah berumur kelistrikan bermasalah? Bagai mana agar tetap terawat?

Untuk kelistrikan agar tetap terawat adalah tidak menggunakan penambahan alat2 asesoris yang menggunakan listrik berlebihan dan pergunakan lah selalu lampu yang sesuai dengan standar dari pabrik.

•  Ada promo apa dari Budi Motor untuk bulan April ini di MGK Otozone?

Untuk promo bulan april kita memberikan harga sepesial untuk tune up mobil jepang Rp 50.000,- .

•  Sebelum berdagang disini anda berdagang dimana ? Sudah berapa lama anda membuka usaha di MGK Otozone ? Alasan apa anda membuka usaha di MGK Otozone ? Bagaimana perkembangan MGK otozone skrg ini ?

Sebelum di MGK Otozone bengkel kami berada di jakarta barat tepatnya di duri kepa. Karena tempat yang sempit dan sulit dijangkau karena macet maka kami memutuskan untuk membuka bengkel di MGK Otozone ini dengan akses yang mudah dapat memaksimalkan kinerja bengkel kami.

Bengkel kami di MGK Otozone baru dua bulan tapi prospeknya sudah kami rasakan.

Untuk Budi Motor bagaimana cara anda mendatangkan pembeli/pelanggan ?

Untuk mendatangkan pelanggan kami memasang iklan di internet, tabloid, selebaran, maupun rekomendasi dari para pelanggan lama kami.