Daihatsu Surabaya

ERLEN VERGA
Sales Executive Toyota
PT. LIEK MOTOR
Hot News

Berita

Fortuner Baru Tertangkap Kamera di Thailand

Diam-diam, Toyota tengah mempersiapkan generasi terbaru dari Fortuner. Kabar ini diperoleh kala raksasa Jepang tersebut kedapatan tengah menguji coba purwarupa kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) tersebut.


Melansir laman Motorbeam, Rabu (23/7/2014), Toyota Fortuner 2016 tersebut terbidik kamera tengah melaju di lintasan pabrik Toyota di kawasan Bidadi, Thailand. Kabarnya, Fortuner tersebut akan mulai dipasarkan pada 2016 mendatang.

Kabarnya, Toyota Fortuner terbaru ini mengusung desain dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Sementara, untuk platformnya sendiri akan mengadopsi milik Hilux.

Pada komponen rangka, Toyota tetap mempertahankan rangka ladder frame dan enggan menggunakan sistem monokok. Pemilihan rangka ladder frame untuk Fortuner dikarenakan telah teruji, tahan lama dan lebih kaku.

Meskipun tetap memakai rangka versi sebelumnya, Toyota mengungkapkan jika rangka ini akan dikurangi bobotnya. Harapannya, performa akan semakin baik dan hemat bahan bakar.

Pada desain bodi, Fortuner terbaru akan hadir dengan mempertahankan dimensi bodi yang sebelumnya namun dengan penampilan yang berbeda pada bagian muka dan buritan.

Di bagian muka, Fortuner akan mengadopsi desain muka miliki Land Cruiser Prado dan LC200 yang lebih elegan. Sementara itu, untuk bagian buritan SUV ini akan menggunakan lampu belakang berteknologi LED serupa SUV milik Lexus.

Beralih ke bagian dapur pacu, Toyota membekali Fortuner terbaru dengan mesin diesel D4-D 3,0 liter yang serupa dengan saat ini. Namun, kabarnya output tenaga akan semakin besar. Untuk komponen perpindahan gigi, Fortuner akan menggunakan transmisi lima percepatan baik manual maupun otomatis.

Serupa dengan model yang ada pada saat ini, Toyota akan menawarkan Fortuner dengan opsi penggerak empat atau dua roda. Sayangnya, pihak Toyota masih belum membocorkan negara mana yang akan menerima facelift Fortuner terlebih dahulu.