Daihatsu Surabaya

ERLEN VERGA
Sales Executive Toyota
PT. LIEK MOTOR
Hot News

Berita

Tips Memilih Knalpot: Asal Tepat Mobil Bisa Irit, Kencang, dan Modis

Ingin peforma kendaraan harian Anda meningkat tanpa harus membongkar-bongkar jeroan mesin? Ya, modifikasi sistem pembuangan (exhaust system) merupakan satu di antara caranya.

Hanya, perlu pengetahuan yang cukup untuk memilih padanan yang tepat antara sistem pembuangan dan mesin kendaraan itu sendiri, terlebih mesin mobil. Maklum, meski terlihat sederhana, desain dan sistem pembuangan berpengaruh terhadap performa mesin.

Soal hal ini, Dede dari bengkel knalpot yang bagus boleh jadi merupakan satu di antara pakar yang mumpuni untuk dimintai pendapat soal sistem pembuangan. Kenyataannya, kata Dede, sistem pembuangan tidaklah sesederhana yang terlihat.

"Namanya juga sistem, gampang-gampang susah. Perlu sinkronisasi antara satu part dan part lainnya sehingga peforma mesin bisa maksimal. Salah-salah, mesin bisa kempos berbunyi menggelitik, bensin boros tapi tarikan loyo. Tapi bisa juga sebaliknya," kata Dede, Minggu (28/9/2014).

Ujaran mastermind dari produk knalpot berlabel iron craft ini merujuk pada kombinasi beberapa komponen dari sebuah sistem pembuangan, mulai dari header, front pipe, center pipe, down pipe, sampai muffler bolt on belakang dan tailpipe-nya.

Dede menjelaskan, secara umum knalpot bawaan pabrikan saat ini sejatinya sudah bisa memenuhi harapan atas kecepatan. Terlebih, pabrik pasti telah memperhitungkan faktor keamanan, kenyamanan (suara), dan estetika.

"Namun seiring waktu pemakaian, penggantian knalpot standard ke knalpot custom juga tak ada salahnya. Sebaiknya diperhatikan jenis dan bentuk knalpot modifikasi yang diinginkan