arus mudik 2015

Puncak arus mudik 2015 di prediksi akan terjadi pada hari Selasa, 14 Juli 2015  sampai hari Kamis, 16 Juli 2015. Hal tersebut bisa terlihat hingga hari ini, Sabtu (11/05) belum nampak terjadi ada lonjakan penumpang baik di terminal Bus, stasiun, pelabuhan ataupun bandara. Hal itu senada dengan apa yang di ungkapkan oleh Mentri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan beberapa waktu lalu “Perkembangan arus mudik sendiri saat ini cukup baik bila dibandingkan tahun lalu. Saya kira mudik tahun ini akan lebih lancar,” ungkapnya.

Perkiraan puncak arus mudik akan terjadi pada H-3, hal tersebut disebabkan dengan dimulainya cuti bersama pada Rabu, tanggal 15 Juli 2015 nanti. Sehingga berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya para pegawai/karyawan biasanya memanfaatkan jam pulang kerja tersebut untuk langsung mudik ke kampung halamanya masing-masing.

Sehingga di hari selasa (14/05) sore puncak arus mudik akan mulai terjadi. Dengan banyaknya pemudik yang menuju arah Jawa barat, Jawa tengah hingga Jawa Timur, kemacetan di perkirakan akan terjadi di beberapa titik, seperti di jalur Pantai Timur Utara (PANTURA) mulai di gerbang tol Cikopo-Purwakarta hingga Brebes-Jawa Tengah. Sedangkan untuk jalur Selatan biasanya terjadi titik kemacetan mulai keluar pintu tol Cilenyi, Rancaekek hingga Nagreg.

Akan tetapi, kemacetan di puncak arus mudik lebaran tahun ini mungkin akan lebih sedikit terurai dikarenakan sudah adanya jalur alternatif yang telah siap untuk digunakan di mudik lebaran tahun ini, yakni tol Cipali. Selain itu, lebaran Idul Fitri 2015 ini bertepatan dengan liburnya sekolah-sekolah sehingga kesempatan ini dipergunakan oleh sebagian murid dan kaum guru yang tengah libur tersebut memanfaatkannya untuk bisa mudik sedini mungkin.

Secara tidak langsung hal tersebut akan membuat berkurangnya para pemudik di saat puncak arus mudik lebaran tiba. Namun beberapa kemacetan nampaknya akan tetap terjadi di beberapa titik tadi, akan tetapi beberapa instansi terkait seperti Dinas Perhubungan bersama Polri telah mempersiapkan beberapa cara guna mengurai kemacetan di beberapa titik-titik tertentu.