Daihatsu Surabaya

ERLEN VERGA
Sales Executive Toyota
PT. LIEK MOTOR
Hot News

Berita

tips menjual mobil baru pada sales



Salam sejahtera bagi para pembaca blog kami. Kali ini kami mau membahas tips atau cara2 untuk menjual mobil.
Saat ini persaingan di industri otomotif khususnya roda empat sangat ketat. Maka dari itu dperlukan cara2 yang tepatuntuk memenangkan persaingan. Sales mobil ditarget setiap bulannya, hal ini menyebabkan persaingan antar sales walaupun sales yang bersangkutan dalam satu kantor.

Pengalaman memang diperlukan dalam penjualan mobil baru oleh karena itu belajar yang terus menerus sangat diperlukan. Jam terbang tinggi sangat diperlukan untuk sales2 yang masih baru. Bila sales baru belajar terus menerus tidak mustahil akan mengalahkan sales senior. Semuanya mungkin dalam dunia otomotif.

Saya menulis ini berdasarkan pengalaman saya sebagai sales Auto 2000 selama kurang lebih 5 tahun. Pengalaman saya pertama kali masuk dunia otomotif sangat minim. Melihat papan penjualan dimana tiap2 penjualan unit mobil selalu dicatat dipapan penjualan, hal itu ditujukan agak semua nya tampak transparan bagi sales. Jika ada sales yang penjualannya masih sedikit akan merasa tertantang untuk menambah penjualannya. Ini adalah manajemen konflik yang baik untuk memacu para sales dalam bersaing dalam penjualannya.

Modal utama sebagai sales roda empat yang terutama adalah semangat dan jiwa mau belajar. Jangan pernah takut mencoba dan berusaha. Hal yang paling di khawatirkan semua sales adalah lost order. Mengapa? Karen biasanya prospek yang telah difollow up sejak lama jika sampai lost maka akan menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran. Lost order bagi sales baru akan membuat down. Tapi sadarilah bahwa setiap lost order itu adalah pelajaran yang berharga bagi kelanjutan karier sales anda.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penjualan mobil baru adalah bermula dari anda sendiri. Hal yang perlu diperhatikan adalah antara lain penampilan, cara berbicara, bobot pembicaraan, dan cara anda mengclosing customer.
Penampilan yang meyakinkan sangat diperlukan. Karen sewaktu customer mau memberikan DP sebagai tanda jadi si customer harus yakin kepada anda. Karena menurut pengalaman saya DP yang valid dan bisa masuk SPK berkisar antara 5-10juta. Yang dimaksud dengan penampilan yang meyakinkan disini adalah cara berpakaian, biasakan untuk sales berpakaian dengan warna-warna yang cerah semisal warna putih, biru muda,dll. Bila anda memakai pakaian yg bercorak pilihlah corak yang tidak terlalu rumit. Hindari aksesori yang berlebihan, misalnya untuk cowok cukup memakai jam tangan dan cincin (bagi yang sudah menikah), jangan memakai aksesori2 seperti gelang monel atau kalung monel yang biasa dipakai para rocker. Kesan kita sebagai sales harus tampak rapi dan bersih.

Pengetahuan produk juga sangat penting supaya customer yakin akan produk yang akan kita tawarkan. Sebaiknya sales roda empat bisa juga mengemudikan mobil jadi apabila ada produk baru yang launching kita bisa mencobanya dan menceritakan kepada calon konsumen. 

Sekarang kita masuk pada pembahasan prospek. Calon pembeli biasanya kita sebut dengan prospek. Prospek harus kita cari sebanyak banyaknya. Kita tidak boleh pilih2 apakah itu hot prospek atau low prospek.
Semua prospek berpotensi menjadi SPK. Prospek biasanya didapat dari teman, saudara, atau kenalan. Prospek bisa juga dicari dari kanvasing, pameran, iklan atau telpon yang masuk dari kantor.
Untuk sales2 baru ada baiknya pertama kali kita masuk dan bekerja sebagai sales otomotif segera anda informasikan keteman, kerabat, saudara atau siapapun yang anda kenal, tapi ingat jangan memaksa mereka untuk membeli, hanya menginformasikan saja bahwa anda bekerja di mobil. Itu ada prospek jangka panjang atau low prospek. Biasanya dealer mobil seringkali juga mengadakan even2 pameran. Biasanya di mall2 atau showroom even, biasanya prospek yang didapat dari cara ini adalah prospek yang mempunyai potensi besar untuk membeli atau disebut hot prospek. Karena calon pembeli yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke pameran biasanya sudah ada niat untuk membeli. Saya kebetulan dulu adalah type sales yang sangat handal di pameran (karen biasanya tiap2 sales memiliki keahlian sendiri2, ada yang jago pameran, jago kanvasing atau jago iklan). Saya bahkan bisa memprediksi kemungkinan customer yang datang ke pameran dan mampu membedakan mana yang niat membeli atau masih lihat2. Ciri khusus customer yang ada kemungkinan besar utk membeli adalah mereka yang datang kepameran dengan keluarganya. Karena bila satu keluarga datang bersama sama sama maka akan mudah bagi mereka untuk memutuskan membeli. Prospek yang paling bagus di pameran adalah pada saat pembukaan pameran atau saat penutupan pameran. Jadi kalau bisa anda jaga pameran itu datang paling awal dan pulang paling akhir. Saya sering mendapatkan hot prospek atau bahkan SPK pada saat malam menjelang pameran mau tutup.


Berikut ini tips2 atau hal2 yang perlu diperhatikan saat kita mencari prospek melalui pameran:
1. Siapkan brosur yang sangat banyak. Brosur yang baik biasanya brosur yang menerangkan spec dari kendaraan dan jangan lupa sertakan harga dan kartu nama anda. Usahakan nama dan no telpon pribadi anda diperjelas bisa di stabilo atau anda fotocopy nama dan no telp anda di price list nya. Ingat brosur harus anda siapkan sebanyak mungkin hal ini diperlukan untuk anda membagikan kepada setiap pengunjung yang datang. Karena semakin banyak brosur yang anda bagikan maka akan semakin besar kemungkinan anda mendapatkan prospek.

2. Kondisi fisik anda yang baik dan sehat saat menjaga pameran. Hal ini sangat diperlukan karena adalah percuma bila anda menjaga pameran tapi anda cuma duduk2 atau ngobrol2 dengan teman anda atau bahkan tidur. Dalam menjaga pameran kita harus proaktif dan semangat agak calon pembeli juga terpengaruh dengan semangat anda. Pakaian dan penampilan anda harus disiapkan benar2 untuk pameran.

3. Kondisi kendaraan yang dipamerkan usahakan dalam kodisi terbuka. Pintu2 dan jendela harus anda buka semua. Hal ini menarik pengunjung untuk mendekat dan bertanya tanya tentang mobil yang anda jual. Dengan demikian anda mendapatkan pospek