perubahan yang akan tampil di avanza grand new | harga grand new avanza

JAKARTA: Setelah gambarnya bocor di dunia maya beberapa hari yang lalu, kini kabar terbaru  mengenai Toyota Avanza versi facelift terus mengalir. Berbagai informasi terkini yang terkait dengan perubahan apa saja yang ditawarkan oleh produk mobil sejuta umat tersebut, mulai bermunculan satu per satu – berita mengenai harga hingga fitur keamanan yang diusungnya pun semakin lengkap . Yuk, kita bahas satu per satu!

Jantung pacu yang akan menjadi sumber tenaga MPV andalan Toyota ini mengalami revisi. Berdasarkan informasi dari sumber yang terpercaya,  terungkap bahwa Avanza baru bakal menggunakan mesin berteknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence). Adapaun versi produksi teranyar dari mobil ini akan ditawarkan dalam dua varian mesin, yaitu berkapasitas 1.3L dan 1.5L. Mesin baru akan menggantikan model lama, 1.3L berkode K3-VE dan 1.5L berkode 3SZ-VE yang diproduksi oleh Daihatsu Indonesia. “Avanza nanti pakai mesin baru, jadi tenaganya lebih besar,” jelas salah satu sumber Toyota kepada media lokal, Kamis (4/6/2015). Sekedar informasi, edisi sebelumnya dari pabrikan asal Jepang ini dibekali dengan mesin kapasitas 1.5 liter kode 3SZ-VE yang mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 104 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm beserta torsi puncak 13,9 kgm pada putaran 4.400 rpm. Sementara itu, varian mesin kapasitas 1.3 liter  berkode K3-VE menghasilkan daya 92 PS pada putaran 6.000 RPM dan torsi 11,9 kgm pada putaran 4.400 rpm.

Modifikasi terbaru pada jantung pacu Toyota Avanza teranyar tentunya juga berpengaruh pada kenaikan harga. Sumber Toyota tersebut juga membenarkan bahwa harga yang ditawarkan untuk pasar Indonesia akan lebih mahal Rp 10 juta sampai Rp 15 jutaan, dibandingkan dengan model yang beredar saat ini. Sebagai perbandingan, saat ini,  harga jual Avanza tipe E 1.3 bertransmisi manual atau model terbawah sebesar Rp 170,55 juta. Dengan status facelift, harga Avanza model paling standar akan menjadi Rp 180,55 juta. Sementara itu, Avanza tipe tertinggi, G Luxury 1.5 transmisi otomatis, yang kini dilepas dengan harga Rp 203,5 juta, dilansir akan menjadi Rp 213,5 juta.

Harga yang ditawarkan oleh pihak Toyota ini sebenarnya juga cukup sebanding dengan kualitas produk terbaru yang diusungnya. Tidak hanya hadir dengan desain yang lebih agresif dan jantung pacu teranyar, konon, Avanza terbaru juga dilengkapi dengan sederetan fitur canggih yang semakin mumpuni untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan selama berkendara. Salah satunya adalah sistem pengereman ABS (Anti Braking Lock System). Selama ini hanya model Veloz yang sudah menggunakan ABS, sedangkan model Avanza lainnya tidak menggunakan ABS. Pada versi yang sekarang beredar di pasaran, Toyota hanya membekali MPV andalannya itu dengan rem cakram berventilasi (ventilated disc) di rem depan dan tipe drum (tromol) di rem belakang. Yang paling menarik, untuk model facelift yang akan segera diluncurkan ini, semua tipe Avanza akan dipasang ABS – dari varian terendah E transmisi manual sampai tipe G Luxury transmisi otomatis sebagai varian tertinggi. Kehadiran ABS pada versi teranyar Avanza bisa menambah daya saingnya, serta semakin menyempurnakan fitur keselamatan lainnya seperti airbag ganda dan sabuk pengaman Pretension with Load Limited.