Toyota Alphard Hybrid Meluncur di Indonesia

Konsumen MPV premium di Indonesia  kedatangan satu lagi pilihan menarik dari Toyota, Alphard 2.5 G Hybrid 4x4. Alphard yang satu ini istimewa karena dengan mesin hibrida, ia menjadi satu-satunya MPV Toyota di Indonesia yang menggunakan 2 sumber penggerak, mesin bakar dan motor listrik.

Seperti Alphard 2.5 G yang merupakan Alphard regular, Alphard 2.5 G Hybrid 4x4 menggunakan mesin 2AR-FXE namun dengan tambahan 2 motor listrik yang ada di bagian depan dan belakang mobil. Toyota menyebut sistem hibrida mereka dengan Toyota Hybrid Synergy Drive.

Di kecepatan pelan-sedang motor listrik yang menjadi sumber penggerak mobil. Namun ketika masuk ke kecepatan lebih tinggi, atau momen-momen yang membutuhkan tenaga besar seperti menanjak, mesin bakar mulai melakukan tugasnya. Melalui sistem ini, Alphard pun diklaim oleh Toyota sebagai salah satu kendaraan paling efisien di dunia.

Sementara sistem penggeraknya sesuai dengan namanya yakni berpenggerak 4 roda. Sistem ini tentu memberi keselamatan yang lebih baik karena dengan gerak 4 roda maka suplai grip akan lebih tajam.

Sementara harganya, Dadi Hendriadi, GM Technical Service Division PT Toyota Astra Motor menyebutkan Alphard 2.5 G Hybrid 4x4 dilepas dengan nominal Rp 1,3 miliar on the road.