Kenapa Toyota Belum Jual Mobil Gas

Hingga tahun ini Toyota masih saja absen memperkenalkan mobil berbahan gas atau Compressed Natural Gas) di perhelatan akbar tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015.

Alasan utama Toyota ialah tidak lain dan tidak bukan, akan kesiapan Indonesia menyambut mobil berbahan bakar gas atau CNG.

"Toyota sudah siap dengan teknologi CNG. Tujuan teknologi terakhir toyota adalah eco car. Dan sebetulnya kendaraan kita Vios sudah menggunakan CNG," ujar GM Technical Service Division PT TAM, Dadi Hendriadi, di GIIAS 2015.

"Tapi permasalahannya apakah sudah ada permintaan dan bagaimana kesiapan infrastruktur dari teknologi ini. Dan kita masih melihat apakah ada kebutuhan atau tidak," tambahnya.

Tentu hal ini berbanding terbalik dengan di luar negeri ya Otolovers, karena model Toyota berbahan gas sudah ramai di negara tetangga seperti Thailand. Toyota pun sebenarnya sudah pernah memperlihatkan mobil gas yang menggunakan mobil Limo. Namun sampai saat ini belum ada kelanjutannya lagi.

"Dari sisi teknis, cukup sulit ternyata membuat mobil gas," tutur seorang karyawan Toyota yang enggan disebutkan namanya.

Dari pantauan detikOto di arena GIIAS 2015, sudah banyak pabrikan yang memamerkan mobil gas. Ada juga yang memperkenalkan alat konverter kit BBG seperti Autogas dan Pertamina.

Yang menarik, ternyata dari perwakilan Toyota Indonesia ada juga yang perhatian dengan mobil gas buatan merek lain. Dia tampak sibuk membaca brosur atau spek dari mobil gas mobil tersebut. Sepertinya sudah siap tempur nih!...