Oli 0W-20 Cocok untuk Iklim Panas, Toyota

Pelumas mesin yang lebih encer biasanya digunakan pada mesin mobil di negara-negara beriklim dingin, seperti di Eropa. Namun, Toyota Astra Motor (TAM) berani meluncurkan oli TMO Lubricant 0W-20.

Namun, Deputy Director Customer First TAM, Widyawati Soedigdo mengatakan, oli ini dibuat dengan menyesuaikan teknologi kendaraan yang makin berkembang. Karenanya, mesin kendaraan terkini membutuhkan oli yang lebih encer.

"TMA Lubricant 0W-20 merupakan bagian dari upaya kami untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan dengan teknologi kendaraan yang semakin berkembang dan mengarah pada teknologi yang ramah lingkungan," kata Widyawati di booth Toyota di GIIAS 2015, ICE, BSD, Tangerang.

Dia menegaskan, oli ini sudah cocok untuk iklim di Indonesia. Sebab, sebelum diluncurkan TAM sudah melakukan riset dan pengujian oli ini.

"Semua produk mobil ataupun part atau chemical semua sudah dites untuk konsisi Indonesia. Jadi dipastikan cocok," tegas Widyawati.

Jadi, tingkat keenceran pelumas menurut Widyawati bukan berdasarkan iklim. Tapi, oli yang semakin encer itu merupakan penyesuaian dengan teknologi mesin terkini.

Oli ini, kata Widyawati, memiliki masa pakai hingga 10.000 km atau 6 bulan. Harganya sebesar Rp 160.000 per liter.