Daihatsu Surabaya

ERLEN VERGA
Sales Executive Toyota
PT. LIEK MOTOR
Hot News

Berita

Kapan Mesin Bensin Dipasangi Turbo, Toyota

Mobil-mobil Toyota yang menggunakan turbo saat ini masih terbatas di mesin diesel. Di saat produsen lain sudah memasang turbo pada mesin bensin, apakah ada rencana Toyota menggunakan turbo di mesin bensin?

"Turbo bensin? Memang kita mengedepankan untuk mesin bensin ke hybrid," ujar GM Technical Service Division PT TAM, Dadi Hendriadi, di GIIAS 2015.

Teknologi hybrid lebih dipilih Toyota karena dianggap bisa menjawab kebutuhan pengguna akan bahan bakar dan performa. “Apalagi di Indonesia macet, sebenarnya ini (bensin dengan motor listrik) yang paling cocok," ujarnya.

"Tapi mungkin saja kita perkenalkan, saat ini belum di Toyota Indonesia. Adanya (mesin bensin turbo) itu di Lexus. Tapi nanti tergantung strategi kita untuk model kedepannya," katanya.

Namun bukan berarti, teknologi mesin bensin Toyota jadul-jadul. Sudah ada teknologi mesin yang tak kalah pintar yakni Valvematic.

"Sebagai gambaran, mesin Valvematic yang diterapkan pada Toyota NAV1, merupakan teknologi mesin pintar yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sesuai dengan putaran mesin," ujar Dadi.

Dirinya juga menambahkan, intake pada sistem mesin ini bisa terbuka lebih lebar, serta bisa mengatur seberapa besarnya bukaan.

"Valvematic bisa membuka intake dengan cukup besar. Lama bukaan dan besar katup bisa diatur dengan mudah. Benefitnya, di mobil yang menggunakan mesin valvematik, throttle semakin tidak dibutuhkan lagi karena semua diantur oleh intake," katanya.

Seperti diketahui bersama, Toyota NAV1 mengusung seri mesin 3ZR-FAE, tipe mesin 4 silinder in-line, 16 valve DOHC with Valvematic berkapasitas 1.987. Mesin ini bakal memiliki daya maksimum 158 di 6.200 rpm, dan torsi maksimum mencapai 20 di 4.400 rpm. Mesin ini juga memiliki sistem fuel sistem EFI.