tips irit bahan bakan bakar bbm

9 Cara Membuat Mobil Lebih Irit BBM

Jakarta - Tidak peduli apakah Anda mengendarai mobil tua atau mobil baru, besar atau kecil, ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh para pemilik kendaraan untuk membuat mobilnya menjadi ramah lingkungan.

Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, Anda turut menjaga lingkungan menjadi lebih bersih. Di sisi lain, konsumsi bahan bakar mobil Anda juga menjadi lebih irit, dan dengan begitu pengeluaran Anda pun menjadi lebih hemat.

1. Jaga kondisi mobil dalam performa maksimal
Mobil yang dirawat dengan baik dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi emisi, dan menghemat uang Anda.
Dengan merawat mesin mobil secara reguler, mobil Anda akan lebih hemat bahan bakar, lebih ramah lingkungan, dan tentunya mencegah mobil mogok di tengah jalan. Anda akan meningkatkan jarak tempuh kendaraan hingga 4% jika melakukan tune up secara rutin.

2. Cara berkendara
Cara Anda berkendara berdampak besar pada konsumsi bahan bakar. Hindari menginjak gas secara tiba-tiba dan berhenti mendadak serta mengebut.
Jika Anda menghindari melakukan ketiga hal tersebut, Anda akan hemat bahan bakar hingga 33% jika melaju di jalan tol dan hemat 5% jika melaju di perkotaan.
Selain itu, gunakan AC hanya saat dibutuhkan, dan parkirlah kendaraan di tempat yang sejuk serta gunakan pelindung kaca dari sinar matahari.
Dengan demikian, suhu di dalam mobil juga tidak terlalu panas.

3. Beban mobil
Keluarkan sampah-sampah dan barang tidak berguna dari dalam mobil Anda, kecuali barang-barang penting seperti kotak P3K dan ban cadangan beserta kunci-kunci mobil.
Beban berlebih yang dibawa oleh mobil dapat menyebabkan jarak tempuh kendaraan yang berkurang.

4. Mengecek dan mengganti saringan udara
Saringan udara yang kotor karena debu dan kotoran akan menyumbat aliran udara sehingga mesin pun kehilangan tenaga.
Mengganti atau membersihkan saringan udara akan meningkatkan performa mesin Anda dan akselerasi. Saringan udara harus dicek setiap kali oli mesin diganti, serta harus diganti minimal satu kali dalam setahun.

5. Mengganti busi
Sebuah kendaraan biasanya memiliki empat, lima, hingga enam busi yang akan mengalirkan listrik hingga tiga juta kali setiap 1.000 mil.
Akibatnya, busi pun menjadi panas dan erosi. Karena itu, Anda harus rutin mengganti busi minimal satu kali dalam setahun.
Busi yang kotor dan tidak berfungsi dengan baik akan memancarkan listrik secara terputus-putus sehingga konsumsi bahan bakar juga menjadi boros.

6. Mengecek tekanan ban
Mobil dengan ban bertekanan normal dapat lebih hemat konsumsi bahan bakarnya antara 3,3 persen hingga 10 persen.
Tekanan ban harus diperiksa minimal satu kali dalam sebulan, termasuk tekanan angin ban cadangan. Ban yang kekurangan angin menyebabkan akselerasi mobil lebih berat sehingga mesin mobil pun bekerja ekstra.
Tekanan angin pada ban dapat berkurang karena pengaruh perubahan suhu dan cuaca.

7. Tutup bensin
Hal yang tidak pernah Anda pikirkan ketika merawat mobil adalah tutup tangki bensin mobil. Periksalah tutup tangki bensin mobil Anda, dan lihatlah apakah ada yang kendur, retak, atau rusak.
Jika tutup tangki bensin kendur, retak, atau rusak, bensin dapat menguap lebih cepat. Dengan begitu, bensin cepat habis, dan Anda pun turut mengotori lingkungan.

8. Mengisi bensin
Ketika mengisi bensin, ingatlah untuk selalu berhenti memasukkan bensin ke tangki ketika nozzle bensin menutup secara otomatis.
Mengisi bensin hingga benar-benar penuh dan hampir tumpah dapat membuat bensin menguap secara mubazir. Ingatlah bahwa bensin membutuhkan ruang lebih agar 
gasnya dapat berekspansi.

9. Sistem bahan bakar
Dengan merawat secara teratur sistem bahan bakar pada mobil Anda, seperti mengganti saringan bensin setiap dua tahun atau setiap 24.000 mil, serta membersihkan injeksi bensin setiap 30.000 mil, Anda tidak hanya mendapatkan mobil yang bersih dan “hijau”, tapi juga lebih hemat pengeluaran.