Sistem Koneksi Data Canggih ala Toyota Mirai

Di masa depan, mobil bakal saling terhubung satu sama lain. Prosesnya pasti membutuhkan pertukaran informasi data dalam jumlah yang besar.

Menyadari hal itu, Toyota menggandeng perusahaan Amerika Kymeta memperkenalkan Mirai yang terkoneksi dengan satelit.

Kymeta merupakan perusahaan yang aktif mengembangkan teknologi antena panel datar, jadi cocok digunakan di atap kendaraan.

Dngan menggunakan antena datar seperti ini, tingkat transfer data bisa lebih cepat lagi dibanding satelit konvensional biasa.



"Selama bertahun-tahun Toyota bertemu dengan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk mengembangkan teknologi baru. Kami sangat bersemangat untuk belajar tentang Kymeta, karena teknologi antena flat mereka bisa memecahkan tantangan komunikasi satelit berbasis kendaraan," kata Senior Managing Officer Toyota Shigeki Tomoyama.



Selanjutnya dikatakan saat ini memang sudah ada kendaraan yang dilengkapi penerima satelit sederhana, yang berperan untuk radio SiriusXM dan layanan lainnya. Namun teknologi Kymeta ini dikatakan bisa mendapat kecepatan data yang lebih tinggi daripada teknologi satelit konvensional.

Bahkan Toyota menunjukkan antena datar ini bisa mengaktifkan area dengan cakupan wilayah yang lebih luas, dan bisa menghubungkan kendaraan yang satu dengan lainnya dengan jarak yang jauh.



Saat ini Mirai dengan antena satelit ini masih terus di uji, akan tetapi Toyota berkomitmen untuk memasang modul komunikasi data dalam jangkauan yang lebih luas dari kendaraan.



Karena semua produsen otomotif saat ini terus mengembangkan teknologi vehicle-to-vehicle (V2V) dan komunikasi vehicle-to-infrastructure (V2I), yang keduanya bisa berfungsi peran penting untuk mendukung mobil otonom dan semi-otonom bekerja. Dan hasil akhirnya mengurangi angka kecelakaan di jalanan.