Mengintip Pabrik Mesin Fortuner Terbaru

Toyota memastikan bakal meluncurkan All New Fortuner pada 22 Januari mendatang. Mobil akan menggunakan tipe mesin terbaru yakni TR.

Proses pengerjaan mesin TR tersebut dilakukan di Plant Toyota yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. detikOto berkesempatan untuk melihat langsung proses produksi mulai dari casting hingga stamping.

Untuk Toyota Fortuner, jenis mesin bensinnya adalah 2TR dengan kapasitas 2.700 cc. Berbeda dengan Kijang Innova dengan mesin 1TR yang berkapasitas 2.000 cc.

Dijelaskan Assistant Director Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Toermoedi Sujiargiono untuk mesin 2 TR di Plant Sunter diproduksi sebanyak 70 persen.

"Kalau Innova pakai 1 TR dengan 2.000 cc dan Fortuner 2 TR dengan 2.700 cc. Kita produksi saat ini 70 persen 2TR dan 30 persen untuk yang 1TR," jelas Toermoedi, Jumat (15/1/2016).

Toyota Fortuner yang pekan depan akan diluncurkan mengusung teknologi terbaru mesin GD dengan VN Turbo Intercooler untuk varian diesel. Sedangkan untuk varian bensin menggunakan mesin New TR dan Dual VVT-i.