Tahun 2016 Jadi Tahun Pondasi Toyota Indonesia

Toyota Motor Manufacturing Indonesia mencanangkan tahun 2016 sebagai tahun pemantapan pondasi. Hal itu dilakukan untuk memperkuat posisi Toyota sebagai basis manufaktur global.

Beberapa upaya dilakukan Toyota Indonesia sebagai fokus pemantapan tahun ini. Mulai dari pendalaman kandungan lokal pada produk-produknya, pengembangan pemasok lokal hingga supplier lapis 2 dan 3, serta industri hulu.

Dijelaskan Wakil Presiden TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengatakan bahwa pemantapan pondasi Toyota melalui upaya tersebut dilakukan agar bisa berkembang lebih cepat untuk tahun berikutnya.

"Era perdagangan bebas memberikan tantangan dan peluang bagi industri otomotif Indonesia, terutama Toyota. Toyota akan mengisi peluang di era ini dengan upaya untuk memperkuat posisi sebagai basis manufaktur otomotif global," ujar Warih Andang Tjahjono, Jumat (15/1/2016).

"Tahun 2016 akan menjadi tahun pemantapan pondasi untuk bisa berlari kencang di tahun-tahun berikutnya," tegas ia.

Salah satu upaya yang telah dilakukan dalam hal pendalaman kandungan lokal yakni dalam produksi All New Kijang Innova yang diluncurkan pada November 2015. Mobil keluarga tersebut memiliki kandungan lokal sebesar 85 persen.

Selain itu, jumlah pemasok lokal juga bertambah dalam produksi All New Kijang Inmova sebanyak 16 perusahaan. Total jumlah pemasok lokal lapis pertama Toyota hingga saat ini mencapai 123 perusahaan. (nkn/lth)