Daihatsu Surabaya

ERLEN VERGA
Sales Executive Toyota
PT. LIEK MOTOR
Hot News

Berita

Di Asia Pasifik, Lawan Toyota Indonesia Tinggal Thailand

Soal kandungan lokal pada produk, Toyota Indonesia masih jauh tertinggal dengan Thailand. Kandungan lokal mobil Thailand mendekati 100 persen.

Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono memaparkan dalam setiap pertemuan Toyota Asia Pasifik Indonesia mendapat perhatian. Bukan soal kualitas, melainkan pendalaman kandungan lokal di tiap model yang diproduksi.

Melihat hal itu, Warih menilai bahwa Indonesia tertinggal jauh dengan negeri tetangga, Thailand. Untuk mobil produksi Toyota di Indonesia, kandungan lokal baru mencapai 85 persen. Sementara di Thailand, kandungan komponen lokal sudah mencapai hingga 95 persen.

"Misalnya kita di Asia Pasifik meeting nih, kita sekarang tinggal sama Thailand saja (bersaingnya). Kalau kita meeting misalnya untuk new model introduction, selalu ada statement baru. Kira-kira tahun 2004 awal statementnya Indonesia kualitasnya enggak bagus, costnya tinggi," kata Warih Andang Tjahjono.

"Sekarang beda. Cost planning Indonesia selalu enggak mencapai target karena inflasi tingi, true localization-nya belum jalan. Selalu itu," imbuhnya.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan peningkatkan kandungan lokal pada produk, Toyota Indonesia mengembangkan pemasok lokal hingga supplier lapis 2 dan 3, terutama industri hulu (upstream industry).

Kandungan lokal tertinggi pada produk Toyota Motor Manufacturing Indonesia pada saat ini yakni All New Kijang Innova yang baru diluncurkan pada tahun 2015. Generasi keenam dari Kijang tersebut memiliki kandungan lokal sebesar 85 persen dengan penambahan 16 perusahaan pemasok lokal.