TOYOTA FORTUNER VS PAJERO

Fortuner Mulai Jauh Tinggalkan Pajero Sport

Aditya Maulana, KompasOtomotifToyota All New Fortuner versus Mitsubishi All New Pajero Sport.

Jakarta, KompasOtomotif – Arah persaingan sengit SUV medium antara Fortuner dan Pajero Sport mulai bisa dilihat. Andalan Toyota pelan-pelan meninggalkan jagoan Mitsubishi dalam hal penjualan di Indonesia, setidaknya dalam tiga bulan terakhir.

Jika dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan semester pertama 2016, All New Fortuner mencapai 13.841 unit atau menguasai pasar 35 persen. Sementara All New Pajero Sport berkutat di angka 10.308 unit dengan market share 26 persen.

Mereka berdua melakukan start yang relatif sama, yakni pada Januari tahun ini. Pada awal kemunculan, Pajero Sport melambung, namun seiring dengan produksi yang mulai normal di pabrik PT Toyota Indonesia Motor Manufacturing (TMMIN), Fortuner justru melonjak tajam dalam tiga bulan terakhir.

Rata-rata per bulan selama April, Mei, dan Juni, Toyota bisa melempar 2.000-3.800 unit Fortuner ke diler. Sementara Mitsubishi pada periode yang sama, hanya sanggup menyuplai 1.500-1.700 unit Pajero Sport yang didatangkan utuh dari Thailand ke seluruh diler di Indonesia.

Belum lama ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sempat mengalami kendala suplai dari Thailand yang ”kejar-kejaran” dengan permintaan. Tapi lewat Head of MMC Sales Group KTB Imam Choeru Cahya beberapa waktu lalu, kendala itu sudah tertangani. Bahka, Mitsubishi Thailand dikatakan siap menyuplai berapa pun permintaan KTB.

Menarik melihat persaingan mereka hingga akhir tahun. Meski keinginan Mitsubishi untuk menjadi raja seperti yang disampaikan pada awal tahun agak tersendat hingga semester pertama, namun bisa jadi mereka justru menyiapkan serangan balik untuk mewujudkan ambisi

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian