Daihatsu Surabaya

ERLEN VERGA
Sales Executive Toyota
PT. LIEK MOTOR
Hot News

Berita

Alasan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Direkomendasikan Pakai Oli 0W-20

Beberapa waktu lalu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merekomendasikan Daihatsu Sigra memakai oli dengan nilai viskositas 0W-20. Sebagai produk kembar, PT Toyota Astra Motor (TAM) ternyata juga menyarankan jenis oli yang sama. Inilah alasan mengapa Toyota Calya dan Daihatsu Sigra direkomendasikan pakai oli 0W-20.

"Pabrikan memutuskan 0W-20 dengan alasan untuk performa mesin terbaik. Terlebih mesin ini sudah menggunakan teknologi Dual VVTi," ujar Iwan Abdurahman, Kepala Bengkel TAM Sunter saat dihubungi Auto Bild.

Gesekan Mesin Semakin Rendah

Iwan menambahkan, dengan oli tersebut maka gesekan akan semakin rendah sehingga mencapai kinerja mesin yang optimal. Tentunya baik TAM maupun ADM sudah melakukan beragam tes dan hasilnya oli jenis tersebut cocok dipakai.

Adapun 0W-20 pada oli ialah kode SAE (Society of Automotive Engineers) sebagai informasi mengenai kekentalan oli. Angka yang tertera sebelum huruf W (winter) adalah nilai kekentalan oli saat kondisi mesin dingin. Semakin kecil angkanya, semakin encer. Sedangkan angka setelah W adalah nilai kekentalan oli saat mesin panas, semakin kecil angkanya semakin encer.

Oli mesin perlu memiliki nilai kekentalan ganda (multigrade) karena mesin membutuhkan tingkat kekentalan yang berbeda sesuai temperatur mesin. Lebih encer saat temperatur mesin dingin untuk memudahkan proses start, lalu beranjak lebih kental saat mesin mulai mencapai suhu kerja.